Kamis, 02 Juni 2011

Teknik Dasar Menggunakan cURL

cURL merupakan sebuah fungsi yang berguna untuk meng-grab / mengambil konten dari sebuah halaman website (CMIIW). Dengan cURL pula kita bisa melakukan simulasi request method POST ke server (mengirim sebuah parameter dari sebuah form dengan method POST).
Pada tutorial kali ini saya membahas mengenai pengenalan apa itu cURL, bagaimana melakukan pengecekan modul cURL pada server dan menerapkan cURL untuk mendapatkan timeline dari twitter milik anda. Setelah membaca tutorial ini jangan lupa meninggalkan komentar ya.

Mengapa kita menggunakan cURL

Didalam PHP sebenarnya ada fungsi sejenis dan sangat mudah penggunaannya yaitu file_get_contents, tapi cURL memiliki beberapa kelebihan yaitu bisa menggunakan COOKIE dan bisa melakukan POST method. Karena ada beberapa website yang melindungi kontennya dengan menggunakan Cookie dan POST method, namun saya tidak menyarankan untuk mencuri konten menggunakan cURL.

Kapan kita menggunakan cURL

Waktu yang tepat untuk menggunakan cURL adalah ketika kita ingin mengambil sebuah data dari sebuah website sebagai contoh mengambil rss timeline dari twitter kita, mengambil data dari bmkg untuk diterjemahkan menjadi data yang lebih enak dibaca.

Bagaimana cara menggunakan cURL

Sekarang kita akan mencoba mendapatkan twitter timeline milik saya menggunakan cURL dan menampilkannya dengan PHP. Sebelum menggunakan cURL pastikan PHP yang kita gunakan sudah support fungsi cURL, cara mengeceknya adalah sebagai berikut:
1. Buatlah file dengan nama info.php kemudian isi dengan kode berikut ini:
<?php phpinfo(); ?> 
Kemudian coba buka di browser file tersebut dan cari apakah modul cURL sudah aktif atau belum (lihat gambar dibawah ini)
2. Setelah telah mengetahui bahwa server kita telah mendukung cURL langkah berikutnya yaitu mencari link rss untuk akun twitter kita. Buka url twitter akun kita yaitu http://twitter.com/username username bisa diganti dengan akun twitter anda, sebagai contoh jika username twitter saya adalah cwicaksono maka hasilnya http://twitter.com/cwicaksono
Biasanya letak url untuk melihat rss dari timeline kita ada dibawah foto orang yang telah mem-follow kita, untuk lebih jelasnya lihat pada gambar dibawah ini:
3. Berikutnya ketik code dibawah ini dan simpan dengan nama twitter.php

Code:

<?php
$keyword = "cwicaksono";
$url = "http://search.twitter.com/search.atom?q=$keyword&rpp=1&page=1";

$xml = $url;
$xmlDoc = new DOMDocument();
$xmlDoc->load($xml);
$items = $xmlDoc->getElementsByTagName("entry");

$twitPost = $items->item(0)->getElementsByTagName("title")->item(0)->
childNodes->item(0)->nodeValue;
$twitPost = preg_replace('/\&/', '&', $twitPost);

echo $twitPost;
?>

4. Lihat tampilan hasil twitter.php di browser.

Courtesy Cahyo Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar